Portal Info Berita Bali Terlengkap, Terbaru, dan Terupdate – Media Online

KPU Buleleng Sosialisasi Pencalonan Bakal Calon Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD Tahun 2024

REDAKSIBALI.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng melaksanakan acara Sosialisasi Pencalonan dan Formulir Pendukung Bakal Calon Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD Tahun 2024 di Lovina, Senin (5/12/2022).

Acara yang dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Buleleng, Komang Dudhi Udiyana tersebut dihadiri oleh undangan dari instansi terkait di Pemerintah Kabupaten Buleleng seperti Badan Kesbangpol Kabupaten Buleleng, Dinas PMD Kabupaten Buleleng, Dinas Dukcapil Kabupaten Buleleng dan Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng, Bawaslu Kabupaten Buleleng, Rektor/Akademisi Pemerhati Pemilu, Tokoh Agama, Camat sekabupaten Buleleng serta organisasi kepemudaan di Buleleng.

Hadir sebagai narasumber adalah akademisi dari Universitas Maha Saraswati Denpasar yang juga merupakan mantan Ketua KPU Provinsi Bali, Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa.

Lanang Perbawa memaparkan perihal bagaimana mendorong partisipasi serta pentingnya peran DPD untuk pembangunan di Kabupaten Buleleng. Lanang Perbawa memaparkan lahirnya DPD karena tuntutan demokratisasi pengisian anggota lembaga agar selalu mengikutsertakan rakyat pemilih. Karena adanya tuntutan penyelenggaraan otonomi daerah yang jika tidak dikendalikan dengan baik akan berujung pada tuntutan separatisme serta sebagai upaya lain untuk menjaga integrasi nasional.

Pada sesi tanya jawab, terdapat pertanyaan dari Ketua KNPI Buleleng, Gede Parma yang menanyakan bagaimana cara menarik pemilih pemula dan meningkatkan partisipasi masyarakat ditengah ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemilu.

Lanang Perbawa kemudian menanggapi bahwa ada tiga perilaku pemilih pada saat pemilu, yaitu pemilih tradisional, memilih karena klien dan pemilih rasional. Dalam hal ini, pemilih rasional yang menggunakan ideologi dan melihat track record calon pemimpin itu yang harus dimaksimalkan.

“Caranya adalah semua stakeholder harus mau memberikan pemahaman yang banyak kepada masyarakat sehingga akan melahirkan pemilih yang rasional,”ungkapnya.

Karena pemimpin lahir dari refleksi masyarakat pemilihnya. Jika masyarakat memilih calon pemimpin secara rasional, maka pemilu akan menghasilkan pemimpin yang baik dan mampu melahirkan kebijakan-kebijakan yang berpihak pada rakyat.

Selain Lanang Perbawa, juga hadir sebagai narasumber yaitu Anggota KPU Kabupaten Buleleng Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Gede Bandem Samudra didampingi Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Gede Sutrawan yang menyampaikan Tahapan Pencalonan dan Formulir Pendukung Bakal Calon Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD Tahun 2024.*

%d blogger menyukai ini: