BeritaPendidikan

Butuh Inovasi Guna Menarik Minat Pemuda pada Ilmu Pertanian

REDAKSIBALI.COM – Minat generasi muda untuk belajar ilmu pertanian masih rendah. Salah satunya disebabkan oleh rendahnya minat generasi muda untuk menekuni sektor pertanian. Namun dimasa mendatang diyakini akan semakin tinggi peminatnya karena terbukti saat terjadinya krisis, sektor pertanian masih tetap bisa tumbuh.

“Oleh Karena itu program studi bidang pertanian harus dikelola dengan baik dan lebih inovatif agar mampu menarik para mahasiswa terutama para sarjana S1 baik yang kerja di pemerintahan maupun swasta untuk melanjutkan studi di jenjang S2m,” kata Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gde Wisnumurti, MSi. Dalam pengarahan saat perayaan HUT ke-3 Program Studi Magister Sains Pertanian (MSP) Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (Unwar) pada Minggu (8/1) petang di Denpasar.

Menurutnya dengan sumberdaya dosen yang dimiliki prodi MSP, dukungan sarana dan prasarana yang dilakukan oleh pihak Yayasan, capaian kegiatan penelitian dan pengabdian dosen, serta luaran yang telah dihasilkan oleh prodi MSP maka dalam assessment borang akreditasi dalam waktu dekat ini dapat dicapai nilai baik sekali. Diperlukan strategi yang baik untuk menyiapkan dokumen profil prodi MSP secara lengkap, sistimatis, dan akurat, serta informatif yang dapat diberikan kepada tim assessor lapangan.

Ketua Program Studi Magister Sains Pertanian (MSP) PPs-Unwar Dr. Ir. I Dewa Nyoman Sudita, M.P. mengaku sudah melakukan berbagai upaya dalam memajukan prodi MSP. Upaya itu mulai dari proses pembelajaran dengan menerapkan kurikulum sesuai visi keilmuan PS-MSP dengan melibatkan para mahasiswa dalam aktivitas dilapangan, penelitian dan pengabdian para dosen yang dipublikasikan, kerjasama dengan berbagai pihak baik nasional maupun internasional, serta luaran dari mahasiswa.

Dengan telah dilakukannya isian boring akreditasi criteria 9, maka berdasarkan SK dari BAN-PT nomor 6051/SK/BAN-PT/Ak.P/M/IX/2022 tanggal 13 September 2022 yang menyatakan “Menetapkan Program Studi Sains Pertanian pada Program Magister Universitas Warmadewa, Kota Denpasar, memenuhi syarat Peringkat Akreditasi “BAIK”. Dengan telah ditetapkannya peringkat baik prodi MSP, maka telah bisa meluluskan 3 orang mahasiswa dengan predikat sangat memuaskan

Rektor Universitas Warmadewa Prof. dr. Dewa Putu Widjana,DAP&E,Sp.Park dalam sambutannya meminta kepada prodi MSP mempersiapkan dokumen boring akreditasi sebaik mungkin, karena walaupun sudah medapatkan syarat peringk atakreditasi baik, masih akan menunggu dalam waktu dekat ini turunnya tim assessor untuk melakukan assesmen lapangan yang nantinya memberikan status tetap peringkat akreditasi. Tapi diyakini dalam assesmen lapangan nanti prodi MSP dapat meraih nilai peringkat baik sekali.

Sementara Direktur Program Pascasarjana Universitas Warmadewa Dr. Dra A.A. Rai Sita Laksmi, M.Si. menyampaikan telah siap untuk memberikan dukungan penuh kepada prodi MSP dalam mempersiapkan kedatangan tim assesmen lapangan. Oleh karena itu dalam kegiatan peringatan HUT ke-3 prodi MSP ini agar digunakan sebagai ajang konsolidasi yang sebaik mungkin untuk bahu membahu dari semua komponen di prodi MSP dari pimpinan, dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswanya (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *