BeritaPendidikan

Kerja Sama Pembangunan SDM antara Pemerintah Jepang dan Mendikbudristek 

RedaksiBali – Tindak lanjut Kerja Sama Pembangunan SDM antara Jepang dan Mendikbudristek. Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menerima kunjungan delegasi Jepang yang dipimpin oleh Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji. Kunjungan yang berlangsung pada Jumat (27/1) di Ruang Mendikbudristek, Gedung A Lantai 2, Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta ini, membahas tindak lanjut kerja sama bidang pendidikan, riset, dan teknologi guna mengembangkan pembangunan SDM antarkedua negara.

Pertemuan ini mendiskusikan pencapaian “WA Project”: Toward Interactive Asia through “Fusion and Harmony” yang diinisiasi oleh PM Jepang saat itu, Shinzo Abe. Saat perayaan 40 tahun ASEAN-JAPAN Friendship and Cooperation tahun 2013. Pada kesempatan tersebut, Jepang menyampaikan permohonannya untuk dapat mengamandemen Memorandum of Cooperation dengan menambahkan penjelasan tentang status The Japan Foundation adalah kantor perwakilan (representative office) yang tidak mengambil keuntungan dalam kerja sama dengan Kemendikbudristek.

Baca Juga : 

Pemerintah Jepang dan Mendikbudristek Bahas Tindak Lanjut Kerja Sama Pembangunan SDM Kedua Negara

“Populasi penduduk Jepang menurun sebanyak 500.000 setiap tahunnya, sehingga banyak perusahaan Jepang yang membentuk production base dan expert base di Indonesia. Oleh karena itu, Pemerintah Jepang mendorong agar pemuda Indonesia dapat bekerja dan meneruskan sekolah di Jepang,” ucap Dubes Jepang, Kanasugi Kenji.

Menanggapi langkah pemerintah Jepang tersebut, Mendikbudristek menilai penting hubungan kerja sama dengan The Japan Foundation. Menteri Nadiem menilai hal ini sejalan dengan program yang ada di Kemendikbudristek, seperti IISMA.  Program magang di luar negeri, yang menjadi peluang bagi pemerintah Jepang untuk dapat meningkatkan kerja sama, khususnya The Japan Foundation.

Mendikbudristek sepakat bahwa dengan upaya penguatan kolaborasi, akselerasi kemajuan pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi, bagi kedua negara dapat terwujud. “Misalnya melalui program-program peningkatan kompetensi guru, pertukaran pelajar, proyek riset bersama dan juga pengembangan di berbagai bidang kebudayaan,” sebutnya.

“Melalui gotong royong lintas negara, saya yakin Merdeka Belajar akan semakin besar dirasakan dampak dan manfaatnya,” pungkas Menteri Nadiem.

Dibahas juga soal proses perpanjangan naskah Memorandum of Cooperation (MoC) antara Kemendikbudristek dengan Ministry of Education, Culture, Sport, Science, and Technology Japan.

Kini tengah dijajaki pula rencana kegiatan repatriasi kerangka tentara Jepang di Papua yang akan dimulai pada bulan Maret 2023. Kegiatan repatriasi merupakan kerja sama antara Kemendikbudristek dengan Ministry of Health, Labour and Welfare Japan.

Dalam pertemuan tersebut Mendikbudristek didampingi oleh :

  • Sekretaris Jenderal (Sesjen),
  • Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi)
  • Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Sesditjen Diktiristek),
  • Pelaksana tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (Plt. Kepala BKHM)
  • Staf Ahli Menteri Bidang Kompetensi dan Manajemen, serta
  • Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media.

Hoang Anh Tuan Sang Penakluk STY, Menggantikan Philippe Troussier sebagai Pelatih Timnas Vietnam U-23

Konsekuensi Pelanggaran Resolusi Dewan Keamanan PBB oleh Israel di Gaza

Tidak Mau Berpuas Diri Shin Tae-young punya Target Baru Setelah Mempermalukan Vietnam

Anies Baswedan: Tokoh Paling Mahal Sedunia dan Kontroversi Bansos Rp400 Triliun

Denny Indrayana: Prediksi Gugatan Paslon 01 dan 03 Akan Dikabulkan MK

Vietnam Harus Bayar Kompensasi Rp28 Miliar Setelah Memecat Philippe Troussier,Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Umah IT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *