BeritaPendidikanSeni Budaya

SMP Negeri 2 Blahbatuh Gelar Berbagai Lomba Rayakan Bulan Bahasa Bali

REDAKSIBALI.COM – Negara Indonesia menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional. Demikian pula Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali sebagai bagian dari kekayaan budaya bangsa, perlu dilestarikan dan dikembangkan melalui pelindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan potensi Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali

Pelindungan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali dilakukan diantaranya melalui: pendidikan; penelitian; pendataan; pendaftaran;  transkripsi; transliterasi; penerjemahan; penyaduran; pengalihwahanaan; aktualisasi; publikasi; penggalian potensi bahasa; pengaksaraan; dan pendokumentasian.

Sebagai upaya pelindungan, juga ditetapkan Bulan Bahasa Bali. Bulan Bahasa Bali diselenggarakan pada setiap bulan Februari. Hal ini tertuang dalam dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 80 Tahun 2018  tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Tahun ini, memasuki tahun  kelima penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali. Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023 secara resmi dibuka Gubernur Bali, Wayan Koster dengan tema ‘Segara Kerthi: Campuhan Urip Sarwa Prani’  pada, Rabu (Buda Pon, Pujut), 1 Februari 2023 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali, Denpasar.

SMP Negeri 2 Blahbatuh sebagai institusi pendidikan yang berada di Kabupaten Gianyar, juga turut mengambil peran dalam uapaya pelestarian bahasa, aksara, dan sastra Bali.  Dalam Bulan Bahasa Bali ini, SMP Negeri 2 Blahbatuh menyelenggaran beberapa lomba yang diikuti siswa. Lomba yang diselenggrakan yakni lomba pidato, lomba megeguritan, lomba menulis dan membaca puisi, lomba menyanyikan  lagu pop Bali, lomba mesatua Bali dan lomba ngerupak lontar.

“Peringatan Bulan Bahasa Bali melalui kegiatan lomba ini, selain untuk melaksanakan amanat Gubernur Bali, juga sebagai ajang menumbuhkan bibit siswa yang unggul dibidang bahasa Bali. Dalam beberapa kesempatan kami sering mendapatkan undangan mengikuti lomba-lomba terkait bahasa Bali. Untuk itu kami perlu mempersiapkan diri agar kami bisa mengirimkan perwakilan yang berkualitas, sehingga nantinya mampu berprestasi,” ujar kepala sekolah SMP Negeri 2 Blahbatuh, I Nyoman Gama, S.Pd, M.Pd  saat membuka lomba pada Kamis (16/2/2023).

Nyoman Gama menjelaskan kegiatan lomba dilaksanakan selama 2 hari, yakni dari tanggal 16-17 Februari, dengan melibatkan penyuluh bahasa Bali sebagai juri.  Kegiatan peringatan Bulan bahasa  Bali ini juga mendapat dukungan dari Komite SMP Negeri 2 Blahbatuh.(GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *