BeritaDaerah

Mitigasi Penyebaran Hoax, Amsi Bali Gelar Cek Fakta dan Raker di Buleleng

REDAKSIBALI.COM – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Bali menggelar kegiatan cek fakta serangkaian kegiatan rapat kerja (raker), yang dilaksanakan di Gedung Unit IV Pemkab Buleleng, pada Jumat 7 April 2023, sekitar pukul 09.00 Wita.

Ketua AMSI Bali, I Nengah Muliarta menyampaikan sebagai bentuk komitmen untuk mampu berkontribusi dalam upaya mitigasi dan gerakan anti hoaks di wilayah Kabupaten Buleleng, AMSI Bali wujudkan dengan melakukan kegiatan cek fakta yang melibatkan Mahasiswa dari STAH Mpu Kuturan Singaraja, Undiksha Singaraja dan Jurnalis Buleleng.

Selain itu, Nengah Muliarta menyebut raker ini juga bertujuan sebagai salah satu bagian dari organisasi dalam mempromosikan keberadaan AMSI di Bali. Sekaligus sebagai wadah dalam memberikan literasi media terkait bagsimana nantinya masyarakat mengenali media tersebut.

“Bagaimana nantinya masyarakat bisa mengidentifikasi dan mengkonsumsi isi media tersebut. Itu yang kami lakukan hari ini dalam kontribusi sosial sebagai lembaga media,” ucap Ketua AMSI Bali, I Nengah Muliarta

Mengingat maraknya berita hoax yang beredar, AMSI Bali juga menyelipkan pelatihan terkait melakukan cek fakta, sehingga masyarakat di tingkat bawah tahu mengenai berita hoax. Sebab selama ini masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa semua berita di media sosial sama.

“Masyarakat kan banyak yang menganggap berita itu sama, padahal antara media jurnalistik dan media sosial punya tipikal, penyajian dan kemasan yang berbeda,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana yang diwakili Kadis Kominfosanti, Ketut Suwarmawan mengatakan, perkembangan teknologi dalam menyampaikan informasi memang menjadi tantangan khususnya media online.

baca juga :

Bawaslu Bangli Ingatkan KPU Bangli Cermat Memutahirkan Data Pemilih

Usai Dilantik, Begini Arahan Komisioner KPU Provinsi Bali Kepada PPS di Karangasem

PPS Bangli Dilantik, Ditekankan Jaga Integritas dan Netralitas

KPU Badung Lantik 186 PPS, Masa Tugas Delapan Bulan

Sehingga dengan terpilihnya Buleleng yang digunakan sebagai raker dari AMSI ini, pihaknya memberikan dukungan penuh. Selain itu pihaknya juga berharap ajang tersebut bisa digelar secara berkelanjutan agar dapat menjadi pedoman, update informasi dan evaluasi lembaga menuju media sumber yang lebih berkualitas.

"Sangat luar biasa sekali Buleleng bisa dipilih sebagai tempat Raker AMSI, mengingat banyaknya media online yang ada di Buleleng. Jadi ini merupakan kesempatan untuk memilah dan menyajikan informasinya kepada masyarakat," terang Kadis Kominfosanti, Ketut Suwarmawan mengatakan(*)

Siplah Umah IT
Umah IT
adaru bhumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *