Berita

Charlie Munger, Orang Kepercayaan Warren Buffett, Meninggal Dunia di Usia 99 Tahun

RedaksiBali.com – Orang kepercayaan Warren Buffett, Charlie Munger, yang merupakan wakil ketua Berkshire Hathaway Inc., meninggal dunia pada usia 99 tahun di rumah sakit California pada Selasa pagi (28/11/2022). Dilansir dari Reuters, Charlie Munger akan berusia 100 tahun pada 1 Januari 2024. Berkshire Hathaway mengumumkan bahwa Munger meninggal dengan tenang dan tidak memberikan alasan lain terkait kematiannya.

Warren Buffett, dalam pernyataannya, mengatakan bahwa Berkshire Hathaway tidak akan mencapai statusnya saat ini tanpa inspirasi, kebijaksanaan, dan partisipasi Charlie Munger. Charlie Munger telah menjadi wakil ketua Berkshire sejak tahun 1978 dan bekerja sama dengan Buffett dalam mengalokasikan perusahaan konglomerat yang berbasis di Omaha, Nebraska.

baca juga :

Larangan Israel terhadap Umat Muslim Masuk ke Masjid Al-Aqsa Selama Ramadan

PBB: Wanita Palestina dan Anak Gadis Gaza Ditelanjangi dan Dilecehkan Tentara Israel

Hubungan Khusus Prabowo Subianto dengan Rusia Membawa Dampak Signifikan ke Moskow

Amerika Serikat Menolak Resolusi DK PBB untuk Gencatan Senjata di Gaza: Dampaknya pada Kemanusiaan dan Hubungan Internasional di Timur Tengah

Charlie Munger dikenal karena pemikirannya yang blak-blakan terkait investasi, ekonomi, dan kelemahan sifat manusia. Dia sering kali mengungkapkan pemikirannya dalam satu kalimat singkat yang tajam. Misalnya, dia pernah menyamakan para bankir dengan pecandu heroin yang tidak terkendali dan menyebut mata uang virtual Bitcoin sebagai racun tikus.

Munger juga memiliki pandangan yang unik tentang investasi emas. Dia mengatakan bahwa emas adalah bahan yang bagus untuk dijahit ke dalam pakaian jika Anda adalah keluarga Yahudi di Wina pada tahun 1939, tetapi menurutnya, orang yang beradab tidak membeli emas, melainkan berinvestasi dalam bisnis produktif.

Selain itu, Munger juga memiliki peran penting dalam kesuksesan Berkshire Hathaway. Dia dan Buffett berhasil membangun perusahaan ini menjadi salah satu yang paling sukses di dunia, menjadikan mereka miliarder dan banyak pemegang saham awal menjadi kaya juga.

Charlie Munger adalah seorang pebisnis dan pengamat dunia yang tajam. Melalui kebijaksanaan dan wawasannya, dia membantu membangun institusi Amerika dan mengilhami generasi pemimpin. Kehilangannya akan sangat dirasakan oleh banyak orang.

Reaksi terhadap kematiannya pun datang dari berbagai kalangan. CEO Apple, Tim Cook, mengatakan bahwa Charlie Munger adalah orang yang luar biasa dan berjasa dalam membangun institusi Amerika. Thomas Russo, partner di Gardner Russo, juga mengungkapkan rasa kagetnya atas berita tersebut.

Meskipun Charlie telah tiada, warisan dan pengaruhnya dalam dunia investasi dan bisnis akan tetap dikenang. Kontribusinya dalam membangun Berkshire Hathaway dan pemikirannya yang tajam akan terus menginspirasi generasi pemimpin selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *