Ekonomi

Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) Semen Tonasa dan BRI untuk Pemberdayaan Masyarakat di Pangkep dan Sulawesi Selatan

RedaksiBali.com – PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) atau SIG senantiasa berupaya memaksimalkan perannya di masyarakat, dengan terus mendukung segala aktivitas perekonomian di level mikro. Salah satunya dilakukan melalui anak usahanya, PT Semen Tonasa, dengan menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dalam program pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) di Kabupaten Pangkep khususnya, dan Sulawesi Selatan pada umumnya.

“Komitmen ini ditunjukkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PT Semen Tonasa dengan BRI,” ujar GM Komunikasi dan Hukum Semen Tonasa, Muh Akhdarisa, dalam keterangan resminya, Sabtu (18/11/2023).

Menurut Akhdarisa, program pendanaan Usaha Mikro dan Kecil yang dilaksanakan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Semen Tonasa dan SIG secara umum dalam mendukung pengembangan UMK serta pemberdayaan masyarakat di Pangkep.

“Berbeda beberapa tahun lalu, PUMK kali ini untuk pengelolaan dan penyaluran dana Semen Tonasa,” ujar Akhdarisa.

Hal ini, dikatakan Akhdarisa, merupakan amanat dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-6/MBU/09/2022. Di mana, dalam penyaluran PUMK ini agar bekerja sama dengan BUMN di sektor keuangan yang memiliki kemampuan dalam menyalurkan pinjaman.

baca juga :

Siap – Siap ASN Segera Pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Pasca Upacara HUT RI

Belum juga Jadi Wapres, Gibran Udah Mengambil Langkah Aksi Nyata, Berkat Laporan Bobon Santoso

Penangkapan Pentolan OPM Terkait Pembunuhan Bripda Oktovianus: Pelakunya Elkius Kobak

Pierre W G Abraham Pengemudi Fortuner Berplat TNI, kini Berbaju Tahanan

Sementara, untuk tahap awal, BRI merupakan BUMN yang ditunjuk langsung oleh Kementerian BUMN.

Akhdarisa menjelaskan, untuk tahap awal, PT Semen Tonasa akan menyetorkan dana Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) sebesar Rp17 miliar ke BRI, untuk selanjutnya disalurkan sebagai bantuan pinjaman modal usaha bagi UMK di Kabupaten Pangkep khususnya, dan Provinsi Sulsel pada umumnya.

Program pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) yang dilakukan oleh PT Semen Tonasa dan BRI memiliki tujuan yang mulia, yaitu untuk mendukung pengembangan usaha mikro dan kecil serta pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Pangkep dan Sulawesi Selatan.

Program ini memberikan kesempatan kepada UMK di daerah tersebut untuk mendapatkan modal usaha yang dapat membantu mereka dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan adanya pendanaan ini, diharapkan UMK dapat meningkatkan produksi, memperluas pasar, dan menciptakan lapangan kerja baru.

Sebagai perusahaan BUMN yang berperan dalam sektor industri semen, PT Semen Tonasa memiliki komitmen yang kuat untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di daerah-daerah di Indonesia. Melalui program PUMK ini, Semen Tonasa ingin memberikan dampak positif bagi masyarakat di Kabupaten Pangkep dan Sulawesi Selatan secara keseluruhan.

Pilihan untuk bekerja sama dengan BRI sebagai mitra dalam program ini juga merupakan keputusan yang tepat. BRI sebagai bank BUMN yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam pemberian pinjaman kepada UMK, dapat memberikan bantuan yang tepat dan membantu UMK dalam mengelola dan memanfaatkan dana dengan baik.

Program PUMK ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi UMK di Kabupaten Pangkep dan Sulawesi Selatan. Dengan adanya modal usaha yang cukup, UMK dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan, meningkatkan daya saing, serta mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Sebagai masyarakat, kita juga dapat mendukung program ini dengan memberikan apresiasi kepada PT Semen Tonasa dan BRI atas komitmennya dalam mendukung pemberdayaan UMK dan masyarakat di Pangkep dan Sulawesi Selatan.

Semoga program pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) ini dapat berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif yang nyata bagi UMK dan masyarakat di Kabupaten Pangkep dan Sulawesi Selatan.

video terkait :

Siplah Umah IT
Umah IT
adaru bhumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *