Teknologi

Tips Agar Akun Gmail Tidak Dihapus oleh Google Akhir 2023

RedaksiBali.com – Raksasa teknologi Google berencana untuk penghapusan akun Google yang tidak pernah aktif selama dua tahun. Akun-akun yang menjadi target penghapusan adalah akun-akun Gmail, YouTube, Google Photos, Calendar, Google Drive, dan akun-akun Google Workspace lainnya. penghapusan akun Google ini tidak hanya melibatkan akun, tetapi juga isi-isinya. Google melakukan langkah ini karena khawatir akan potensi penyalahgunaan akun oleh beberapa oknum peretas. Akun-akun yang tidak aktif rentan terhadap serangan peretasan karena jarang memperbarui kata sandi secara rutin. Selain itu, akun-akun ini juga diduga tidak menggunakan fitur otentikasi dua faktor (two-factor authentication). Fitur ini bertujuan untuk menambah lapisan keamanan pada akun-akun pengguna Google.

baca juga :

Buruan Beli! Harga iPhone 14 Plus Turun Drastis Hingga Rp 5,5 Juta di Mei 2024

FUJIFILM Rilis Kamera Mirrorless X-T50 dan GFX100S II di Indonesia: Meramaikan Pasar Kamera Digital

Rekomendasi 10 HP Mid-Range dengan Kamera Terbaik 2024: Spek Bukan Kaleng – Kaleng

Laptop Microsoft Surface Terbaru dengan Chip AI Qualcomm Snapdragon X Elite: Tantang MacBook!

Penghapusan ini secara resmi akan berlaku mulai Desember nanti. Jika Anda memiliki beberapa akun Google, penting untuk waspada dan mulai mengaktifkan kembali akun-akun Anda agar tidak terhapus. Untuk mencegah penghapusan akun Gmail dan akun Google lainnya oleh Google pada akhir 2023 nanti, Google memberikan beberapa tips berikut:

1. Gunakan akun Google untuk membaca dan mengirim email

Aktifkan kembali akun Gmail Anda dan gunakan untuk membaca dan mengirim email secara rutin. Dengan menggunakan akun ini untuk berkomunikasi melalui email, Google akan menganggapnya sebagai akun aktif.

2. Gunakan Google Drive secara aktif

Manfaatkan Google Drive untuk menyimpan dan mengelola file Anda. Dengan menggunakan layanan ini secara aktif, Google dapat melihat bahwa akun Anda digunakan secara teratur.

3. Gunakan akun Google untuk menonton video di YouTube

Jika Anda sering menonton video di YouTube, pastikan Anda login menggunakan akun Google Anda. Dengan melakukan ini, Google akan memperhatikan aktivitas Anda dan menganggap akun Anda sebagai aktif.

4. Download aplikasi di Playstore

Unduh aplikasi dari Google Play Store menggunakan akun Google Anda. Dengan menggunakan akun ini untuk mengunduh aplikasi, Anda menunjukkan kepada Google bahwa akun Anda masih digunakan secara aktif.

5. Gunakan Google Search untuk pencarian

Saat melakukan pencarian di internet, gunakan mesin pencari Google. Dengan melakukan ini, Anda menunjukkan kepada Google bahwa Anda masih menggunakan akun Google Anda secara aktif.

6. Login ke akun Google dengan aplikasi pihak ketiga

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terintegrasi dengan akun Google Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan aplikasi email pihak ketiga yang terhubung dengan akun Gmail Anda. Dengan melakukan ini, Anda dapat menunjukkan kepada Google bahwa akun Anda masih digunakan secara aktif melalui aplikasi pihak ketiga.

Langkah-langkah di atas dapat membantu akun-akun Google Anda untuk tetap 'dikenali' sebagai akun aktif, karena sering digunakan untuk beraktivitas di internet. Selain itu, Google juga menyarankan agar pengguna masuk atau sign in ke Google Photos setidaknya sekali dalam dua tahun agar konten tidak dihapus secara permanen.

Cara lain untuk menjaga keamanan akun Google Anda adalah dengan membuat cadangan akun. Anda dapat memasukkan alamat email lain sebagai pemulihan akun. Dengan melakukan ini, Anda memiliki langkah tambahan untuk memulihkan akun Anda jika terjadi masalah.

Dari tips yang diberikan oleh Google, sangat disarankan agar Anda sesekali menggunakan akun Anda di internet. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mencegah akun Gmail dan akun Google lainnya dari penghapusan oleh Google pada akhir 2023. Pastikan untuk mengaktifkan kembali akun-akun Anda dan menggunakan layanan Google secara aktif untuk menjaga keamanan dan kelangsungan akun Anda.

Demikianlah tips agar akun Gmail tidak dihapus oleh Google akhir 2023 nanti yang patut diikuti oleh para pengguna layanan Google.

video terkait :

Siplah Umah IT
Umah IT
adaru bhumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *