Kesehatan

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Diet Cepat dan Sehat

RedaksiBali.com – Tidak jarang sebagian besar orang rela melakukan diet cepat dan sehat untuk menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Namun tindakan gegabah tersebut terkadang justru membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Menjaga berat badan tetap ideal membutuhkan perubahan yang bisa bertahan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, mempertimbangkan kembali beberapa pola makan dan gaya hidup menjadi kunci penurunan berat badan atau diet cepat dan sehat.

1. Batasi Makanan Olahan

Membatasi makanan olahan seperti makanan cepat saji, gula tambahan, dan produk tinggi natrium dapat menurunkan berat badan dengan hasil yang lebih cepat. Umumnya, makanan olahan mengemas lebih banyak kalori yang menciptakan surplus sehingga mengganggu penurunan berat badan. Gantilah produk olahan dengan makanan yang kaya akan nutrisi.

2. Konsumsi Lebih Banyak Sayur

Sayuran menjadi salah satu makanan rendah karbohidrat yang mengandung serat, air, dan juga nutrisi. Menurut penelitian, mengonsumsi tiga porsi sayuran setiap harinya dapat memaksimalkan penurunan berat badan. Cobalah mencampur berbagai jenis sayuran untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi dan antioksidan.

3. Minum Air Putih

Seseorang tidak harus menghentikan kebiasaan minum kopi untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan. Namun, setelah satu atau dua cangkir kopi, konsumsilah banyak air putih. Asupan air yang dibutuhkan tubuh bervariasi, tergantung berat badan dan tingkat aktivitas yang dilakukan. Untuk mencegah kebosanan, tambahkan beberapa bahan alami ke dalamnya seperti jeruk, mint segar, mentimun, dan juga jahe.

baca juga :

BPJS Kesehatan Wajib sebagai Syarat Pembuatan SKCK Mulai 1 Maret 2024: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Tips dari dr. Boyke agar Suami Tahan Lama dan Puaskan Istri

Virus Covid-19 Varian JN.1: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Ada 33 Warga Bali Positif Covid-19 Menjelang Libur Nataru

4. Rutin Berolahraga

Selain diet, aktivitas fisik juga menjadi bagian penting dalam penurunan berat badan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan untuk berolahraga selama 150 menit setiap minggunya. Selain menurunkan berat badan, aktivitas fisik juga bermanfaat untuk membangun otot yang kuat, menambah energi, mengurangi risiko terkena penyakit, serta mengurangi kecemasan dan depresi.

5. Mengubah Kebiasaan Makan

Alih-alih mengonsumsi makanan dengan porsi besar, cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut dengan menyiapkan camilan sehat di tengah hari. Selain itu, hentikan kebiasaan makan sambil menonton TV untuk menghindari makan berlebihan secara tidak sadar.

video terkait :

Siplah Umah IT
Umah IT
adaru bhumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *