DaerahKesehatan

Ada 33 Warga Bali Positif Covid-19 Menjelang Libur Nataru

RedaksiBali.com – Pada bulan Desember 2023, sebanyak 33 warga Bali terpapar Covid-19 menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024. Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Bali, persebaran warga yang dinyatakan positif Covid-19 paling banyak terjadi di Badung dengan 13 kasus, diikuti oleh Jembrana dengan 6 kasus, Karangasem dengan 8 kasus, dan Buleleng dengan 1 kasus. Sementara itu, lima kasus lainnya terjadi di wilayah Denpasar dan pasien-pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinkes Bali, I Wayan Widya, mengatakan bahwa pihaknya belum menelusuri jejak pasien apakah ada yang sempat melakukan perjalanan keluar negeri atau tidak. “Kita belum sampai ke sana lagi (melakukan pelacakan kontak Covid-19),” kata dia saat dihubungi pada Selasa (12/12/2023).

Sementara itu, Kepala Dinkes Bali, Nyoman Gede Anom, mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak saat bepergian ke luar rumah untuk mencegah penularan yang lebih luas. Anom juga mengimbau warga yang belum menerima vaksinasi booster untuk segera mendapatkan layanan vaksin di Dinkes Bali.

Saat ini, Dinkes Bali telah mengusulkan sekitar 5.000 dosis vaksin jenis Inavac ke Kementerian Kesehatan. “Untuk persiapan, kita sudah meminta ke pusat 5.000 vaksin Covid-19, jenisnya adalah Inavac, untuk booster sebagai langkah pencegahan jika masyarakat antusias terhadap vaksinasi. Biasanya, ketika ada pemberitaan tentang peningkatan kasus baru, minat masyarakat terhadap vaksinasi juga meningkat,” katanya.

baca juga

Virus Covid-19 Varian JN.1: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Menteri Koperasi dan UKM Usulkan Penghapusan Kredit Macet UMKM Terdampak Gempa Bumi dan Covid-19

Kunjungi Pura Tirta Empul, Presiden Dorong Pemeliharaan Aset Kebudayaan Negara

Maksimalkan Pelayanan, RSPTN Unud Resmikan Gedung Tambahan Perawatan Covid-19

Seperti yang diketahui, kasus Covid-19 di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina, dilaporkan mengalami peningkatan. Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran tentang kewaspadaan terhadap lonjakan Covid-19. Salah satu poin dalam surat edaran tersebut adalah meminta pusat pelayanan kesehatan untuk tetap memberikan layanan vaksinasi Covid-19. Pemerintah daerah juga diminta untuk menjamin ketersediaan vaksin dan logistik lainnya.

Dalam menghadapi situasi ini, penting bagi kita semua untuk tetap waspada dan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Dengan menerapkan prokes dengan disiplin, kita dapat membantu memutus rantai penularan Covid-19 dan melindungi diri sendiri serta orang-orang terdekat kita. Selain itu, jika memenuhi syarat, segera lakukan vaksinasi booster untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus ini.

Libur Natal dan Tahun Baru adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat. Namun, dalam situasi pandemi ini, kita perlu menjaga kesehatan dan keselamatan kita semua. Mari kita bersama-sama melawan penyebaran Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan mendapatkan vaksinasi yang diperlukan.

Ingatlah, keselamatan dan kesehatan kita semua adalah tanggung jawab bersama. Mari kita jaga Bali tetap aman dan sehat selama liburan Nataru ini. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama kita semua!

video

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *