NasionalPerjuangan Kemerdekaan

Aksi Peringatan 62 Tahun Kemerdekaan West Papua di Yogyakarta, Bendera Bintang Kejora Berkibar

RedaksiBali.com – Pada Jumat, 1 Desember 2023, Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) menggelar aksi peringatan 62 tahun kemerdekaan Bangsa West Papua. Aksi ini dilakukan di sepanjang Nol Kilometer hingga Asrama Papua Kamasan I, Yogyakarta. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @gubukfilsafat, terlihat ratusan massa yang berjalan kaki sambil mengibarkan bendera Bintang Kejora sebanyak 5 buah.

Dalam aksi ini, terdengar teriakan “Papua bukan Merah Putih, Papua Bintang Kejora” yang menggema dari para peserta aksi. Aksi peringatan 62 tahun kemerdekaan West Papua ini diinisiasi oleh United Liberation Movement for West Papua (ULMWP). Mereka mengajak seluruh Solidaritas Papua Merdeka untuk melakukan aksi serentak pada tanggal 1 Desember.

Surat seruan Presiden Eksekutif ULMWP, Manase Tabuni, yang disampaikan di Kota Jayapura, Papua, pada Kamis 30 November 2023, meminta agar peringatan kemerdekaan Papua dilakukan dengan damai dan bermartabat. Tabuni menyampaikan apresiasi kepada rakyat bangsa Papua, para pemimpin organisasi, diplomat, serta solidaritas Papua Merdeka di Indonesia dan internasional atas perjuangan yang mereka berikan untuk memperingati kemerdekaan Papua.

baca juga :

Pro dan Kontra Jokowi Melakukan Kenaikan Pangkat Kehormatan bagi Prabowo Subianto

Pemungutan Suara Ulang di TPS Butet: Ganjar-Mahfud Kena Comeback Prabowo-Gibran

PAN Mendorong Pengguliran Hak Angket Sasar Pileg: Tanggapan Senior PDIP dan Kritiknya

Anies Baswedan Kembali ke Pilkada DKI? Peluang Menang di Pilpres 2024 Semakin Kecil

Peringatan kemerdekaan West Papua ini menjadi momentum bagi masyarakat Papua untuk menunjukkan semangat perjuangan mereka dalam mencapai kemerdekaan. Bendera Bintang Kejora menjadi simbol yang kuat bagi perjuangan kemerdekaan Papua. Dalam aksi tersebut, bendera Bintang Kejora dikibarkan dengan bangga oleh peserta aksi sebagai simbol identitas dan harapan bagi bangsa West Papua.

Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) sebagai salah satu kelompok yang terlibat dalam aksi ini, berperan penting dalam menyuarakan aspirasi dan keinginan masyarakat Papua. Mereka mengajak seluruh mahasiswa Papua untuk bersatu dan berjuang bersama dalam mencapai kemerdekaan West Papua.

Tidak hanya di Yogyakarta, aksi peringatan 62 tahun kemerdekaan West Papua juga dilakukan di berbagai daerah di Indonesia dan bahkan di luar negeri. Solidaritas dari berbagai pihak terus mengalir untuk mendukung perjuangan kemerdekaan West Papua.

Peringatan kemerdekaan West Papua bukan hanya sekedar seremonial belaka, tetapi juga menjadi panggilan bagi masyarakat Papua dan seluruh rakyat Indonesia untuk terus berjuang demi keadilan dan kebebasan. Semangat perjuangan yang ditunjukkan oleh Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) dan seluruh peserta aksi peringatan ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus mendukung perjuangan kemerdekaan West Papua.

"Dapatkan wawasan mendalam mengenai peringatan kemerdekaan West Papua dan upaya Solidaritas Papua Merdeka melalui seruan dari ULMWP. Sampaikan dukungan dan pemahaman Anda terhadap perdamaian dengan mengikuti perkembangan selanjutnya dan menyebarkan informasi yang benar dan akurat."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *