Politik

Visi-Misi Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk Pendidikan di Indonesia

RedaksiBali.com – Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan suatu negara. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 pada Pemilihan Presiden 2024, memiliki visi dan misi yang kuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Visi misi Prabowo-Gibran dalam bidang pendidikan, sains, teknologi, dan kebudayaan tertuang dalam Asta Cita 4 yang berbunyi, “Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas”. Mereka memiliki komitmen untuk memperkuat sistem pendidikan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Berikut ini beberapa langkah yang akan diambil oleh Prabowo-Gibran untuk mewujudkan visi misi mereka dalam bidang pendidikan:

1. Penguatan Sistem Peningkatan Kualitas SDM
Prabowo-Gibran akan meningkatkan kerja sama antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan industri untuk memanfaatkan teknologi digital secara lebih optimal. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan di era digital.

2. Peningkatan Alokasi Dana Abadi untuk Beasiswa dan Pendidikan Pesantren
Mereka akan memperluas alokasi dana abadi untuk beasiswa dan peningkatan sumber daya manusia di pesantren dan lembaga swadaya masyarakat. Program Dana Abadi Pesantren akan diluncurkan sebagai implementasi dari Undang-Undang No. 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Selain itu, lembaga pengelola Dana Abadi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) juga akan dibentuk untuk mendukung kualitas demokrasi.

3. Peningkatan Program Pertukaran Budaya dan Kolaborasi Seni
Prabowo-Gibran akan meningkatkan alokasi anggaran dan memperluas program pertukaran budaya di tingkat global. Hal ini bertujuan untuk memperkuat jaringan, kolaborasi wawasan, kapasitas, serta keterampilan pekerja seni. Mereka juga akan memperluas program pendidikan formal dan nonformal serta memberikan pendampingan kepada pekerja dan komunitas seni dalam mengembangkan kewirausahaan di bidang seni, budaya, dan kreatif.

4. Peningkatan Pendidikan Kejuruan dan Kesejahteraan Tenaga Kerja
Prabowo-Gibran akan memperkuat manajemen dan sumber daya manusia dalam program kesejahteraan sosial. Mereka juga akan meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan dengan menerapkan berbasis kompetensi kriya dan seni kreatif di Balai Latihan Kerja (BLK). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja agar lebih produktif dan berdaya saing.

baca juga

Pemungutan Suara Ulang di TPS Butet: Ganjar-Mahfud Kena Comeback Prabowo-Gibran

PAN Mendorong Pengguliran Hak Angket Sasar Pileg: Tanggapan Senior PDIP dan Kritiknya

Anies Baswedan Kembali ke Pilkada DKI? Peluang Menang di Pilpres 2024 Semakin Kecil

Mahfud MD Memperingatkan: Bansos Bisa Jadi Pintu Masuk Pemakzulan Jokowi Melalui Hak Angket DPR

5. Peningkatan Kualitas Pendidikan Nasional
Prabowo-Gibran akan melanjutkan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan memperluas cakupannya hingga ke pesantren dan perguruan tinggi. Mereka juga akan memperkuat sistem pendidikan nasional untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang produktif dan berdaya saing global. Selain itu, mereka akan membenahi kurikulum perguruan tinggi, pendidikan vokasi, dan politeknik agar lebih terhubung dengan industri.

6. Peningkatan Riset dan Inovasi
Prabowo-Gibran akan meningkatkan dana riset dan inovasi hingga mencapai 1.5-2.0 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) dalam 5 tahun. Mereka juga akan memberikan beasiswa kepada putra-putri petani, nelayan, guru, dan buruh agar dapat melanjutkan pendidikan hingga tingkat S3. Selain itu, mereka akan membangun perpustakaan dan taman bacaan untuk mendorong gerakan literasi di masyarakat.

7. Peningkatan Kualitas Sekolah Kejuruan dan Pendidikan Agama
Prabowo-Gibran akan mengembangkan dan meningkatkan kualitas sekolah kejuruan dalam berbagai bidang keahlian teknis. Mereka juga akan meningkatkan kualitas pendidikan agama seperti pesantren dan memberikan beasiswa kepada santri agar dapat melanjutkan pendidikan di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, mereka akan menggaet perusahaan swasta untuk membuka program beasiswa dan magang bagi lulusan perguruan tinggi dan sekolah kejuruan.

8. Peningkatan Kualitas Guru dan Akses Pendidikan
Prabowo-Gibran akan meningkatkan kesejahteraan dosen, peneliti, dan penyuluh. Mereka juga akan memperluas akses pendidikan bagi generasi muda dengan meningkatkan daya tampung perguruan tinggi, standardisasi kualitas, dan kemudahan akses masuk perguruan tinggi. Selain itu, mereka akan membuat sistem pendidikan nasional yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dan mengangkat guru honorer menjadi ASN.

Visi dan misi Prabowo-Gibran dalam bidang pendidikan menunjukkan komitmen mereka untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan langkah-langkah yang konkret dan terarah, diharapkan pendidikan di Indonesia dapat lebih berkualitas dan mampu menghasilkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan masa depan.

visi dan misi Prabowo-Gibran, terutama dalam bidang pendidikan. Analisis rencana konkret mereka untuk memperkuat sumber daya manusia, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Ikuti perkembangan terkait penanggulangan kemiskinan dan pendidikan di Indonesia, serta evaluasi terkait upaya mereka dalam mewujudkan visi "Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045." Tetap terhubung dengan berita politik terkini untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam mengenai program-program ini.

Video here....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *