NasionalOtomotif

Maung, Jip Bongsor Buatan Lokal PT Pindad Siap Menguji Kemampuannya di Pasar Sipil

RedaksiBali.com – Maung PT Pindad: Produksi Militer Maung dan Pesanan Menhan Prabowo, perusahaan manufaktur terkemuka di Indonesia, telah melangkah lebih jauh dengan memproduksi Maung, jip bongsor buatan lokal. Meskipun produksi saat ini masih difokuskan pada versi militer, Pindad memiliki rencana untuk menghadirkan Maung di pasar sipil. Hal ini dikarenakan tingginya permintaan dari Kementerian Pertahanan, terutama dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Wakil Direktur Utama PT Pindad, Syaifuddin, mengungkapkan bahwa produksi saat ini masih terpusat pada Maung versi militer karena tingginya permintaan dari Kementerian Pertahanan, terutama dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Meski belum dijelaskan secara spesifik berapa banyak pesanan dari Prabowo, sebelumnya telah dilaporkan bahwa Prabowo telah memesan 500 unit Maung sejak tahun 2020, yang kemudian didistribusikan ke Kementerian Pertahanan pada 2021.

Spesifikasi dan Kemampuan Mobil Taktis Maung

Maung versi militer dirancang khusus untuk mendukung operasi di medan sulit dan berpotensi menjadi kendaraan angkut personel untuk para Danyon (komandan batalyon) dan Danki (komandan kompi). Maung memiliki kapasitas angkut 4 personel dengan pintu yang mudah diakses, termasuk 4 pintu samping dan 1 pintu belakang.

Spesifikasi Maung mencakup dimensi panjang 4,8 m, lebar 2 m, tinggi 1,8 m dengan wheelbase 2,8 m, dan ground clearance 0,3 m. Mobil ini diklaim memiliki manuver yang gesit dan andal untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat. Pindad menegaskan bahwa Maung dilengkapi mesin diesel 4 silinder turbocharged berdaya 136 daya kuda, mampu mencapai kecepatan aman 100 km/jam, dan memiliki jangkauan tempuh hingga 500 km.

Sebagai mobil serbaguna untuk segala medan, Maung dibekali suspensi depan independent coil spring dan suspensi belakang rigid/independent with shock absorber. Pindad menyajikan tiga varian Maung: Komando untuk komandan, Jelajah untuk kombinasi lapangan dan operasional, serta Tangguh untuk latihan tempur dan kepentingan operasional yang dapat dilengkapi dengan senjata.

baca juga ….

Rekrutmen CPNS 2024: Persyaratan, Jadwal, dan Proses Pendaftaran yang Perlu Anda Ketahui

Firli Bahuri Minta Rp 50 Miliar ke Panji Hartanto, Eks ajudan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo

Organisasi Papua Merdeka (OPM) Tuding TNI Melakukan Operasi Militer Besar-besaran di Papua

Sopir Fortuner Arogan Ngaku ‘Adik Jenderal’ Berpelat TNI Palsu Ditangkap!

Angkut Personel Maung dan Manuver Maung yang Andal

Dengan kemampuan dan fitur yang dimilikinya, Maung diharapkan dapat menjadi pilihan menarik di pasar sipil, membuktikan keunggulan produk otomotif dalam negeri. Selain digunakan untuk keperluan militer, Maung juga dapat digunakan untuk kebutuhan sipil seperti angkutan penumpang atau logistik di daerah terpencil.

Maung memiliki kapasitas angkut 4 personel, sehingga sangat cocok untuk keperluan transportasi dalam kelompok kecil. Dengan pintu yang mudah diakses, termasuk 4 pintu samping dan 1 pintu belakang, Maung memastikan kenyamanan dan kemudahan bagi penumpang dalam naik turun kendaraan.

Selain itu, Maung juga memiliki manuver yang gesit dan andal untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat. Dengan dimensi yang kompak dan kemampuan melewati medan sulit, Maung dapat dengan mudah bergerak di berbagai situasi dan kondisi.

Keunggulan Maung sebagai Mobil Taktis Buatan Lokal

Sebagai produk otomotif dalam negeri, Maung menawarkan keunggulan dalam hal kualitas dan performa. Dengan spesifikasi yang memenuhi standar militer, Maung siap menghadapi tantangan di medan sulit dan memberikan perlindungan yang optimal bagi personel yang diangkut.

Dengan mesin diesel 4 silinder turbocharged berdaya 136 daya kuda, Maung memiliki tenaga yang cukup untuk menghadapi berbagai medan. Kecepatan maksimum 100 km/jam dan jangkauan tempuh hingga 500 km membuat Maung dapat digunakan untuk perjalanan jarak jauh tanpa khawatir kehabisan bahan bakar.

Suspensi depan independent coil spring dan suspensi belakang rigid/independent with shock absorber memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara di medan yang bergelombang atau berbatu. Dengan fitur-fitur ini, Maung siap menghadapi tantangan di medan sulit dengan performa yang optimal.

Kesimpulan

Maung, jip bongsor buatan lokal PT Pindad, siap menguji kemampuannya di pasar sipil setelah sukses sebagai kendaraan militer. Dengan spesifikasi dan kemampuan yang handal, Maung siap menjadi pilihan menarik bagi para pengguna yang membutuhkan mobil taktis yang tangguh dan andal.

Dengan keunggulan sebagai produk otomotif dalam negeri, Maung membuktikan bahwa Indonesia mampu menghasilkan kendaraan berkualitas tinggi yang dapat bersaing di pasar global. Dukungan dan kepercayaan dari Kementerian Pertahanan, terutama dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, menjadi dorongan bagi PT Pindad untuk terus mengembangkan dan menghadirkan produk-produk inovatif yang dapat mendukung pertahanan dan keamanan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *