Politik

Survei Pilpres 2024: Prabowo-Gibran Unggul, Anies-Muhaimin Salip Ganjar-Mahfud dalam Elektabilitas Pilpres 2024

RedaksiBali.com – Lembaga Indonesia Survey Center (ISC) baru-baru ini merilis hasil survei terkini mengenai elektabilitas peserta Pilpres 2024. Dalam survei tersebut, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming berhasil mengungguli pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Menurut peneliti senior ISC, Chairul Pane, kriteria responden survei melibatkan mereka yang berusia 17 tahun ke atas, telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan sudah menikah. Jumlah sampel yang terlibat sebanyak 1.670 responden. Survei ini merata di 34 provinsi dengan margin of error sebesar +/-2,4% dan tingkat kepercayaan 95%.

Pengumpulan data dilakukan pada periode 11-19 Januari 2024, setelah debat ketiga Pilpres 2024. Teknik pencuplikan sampling menggunakan metode random digit dialing atau pembangkitan nomor telepon seluler secara acak, dengan pengumpulan data melalui telesurvei atau wawancara via telepon.

Hasil survei menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan dukungan sebesar 52%. Sementara itu, pasangan Anies-Cak Imin mendapatkan dukungan sebesar 21,7% dan pasangan Ganjar-Mahfud Md mendapatkan dukungan sebesar 18,1%. Ada juga sebagian responden yang tidak tahu atau tidak menjawab, mencapai 8,2%.

baca juga ….

Sebanyak 17 Surat ” Amicus Curiae ” Yang Masuk ke MK

Megawati Kirim Amicus Curiae ke MK: Mendukung Keadilan dalam Penyelesaian PHPU Pilpres 2024

Bila MK Diskualifikasi Gibran, KPU Siap Gelar Pilpres 2024 Ulang

Pengamat: Kritik dan Serangan Hasto Kristianto kepada Jokowi Merugikan PDIP

Chairul Pane menjelaskan bahwa pasangan Anies-Cak Imin berhasil menyalip pasangan Ganjar-Mahfud Md, dengan perolehan 21,7% dalam simulasi tiga pasangan, sementara Ganjar-Mahfud mencapai 18,1%. Hal ini menunjukkan adanya pergeseran dalam elektabilitas calon presiden.

"Pilpres 2024 berpotensi berjalan dalam satu putaran, mengingat pasangan Prabowo-Gibran memperoleh dukungan sebanyak 52%," ujar Chairul Pane pada Senin (22/1/2024). Hal ini menunjukkan peluang besar bagi pasangan tersebut untuk memenangkan Pilpres 2024 jika pemilihan dilakukan dalam satu putaran.

Hasil survei ini memberikan gambaran dinamika politik menjelang Pilpres 2024, di mana pasangan Prabowo-Gibran menjadi unggulan berdasarkan elektabilitas yang signifikan. Namun, perlu diingat bahwa hasil survei hanyalah gambaran pada saat ini dan situasi politik dapat berubah seiring berjalannya waktu.

Lembaga ISC merupakan salah satu lembaga survei terkemuka di Indonesia dan sering kali menjadi acuan dalam menganalisis elektabilitas calon presiden. Meski begitu, penting bagi kita sebagai pemilih untuk tetap kritis dan mempertimbangkan berbagai aspek lainnya sebelum memutuskan pilihan pada Pilpres 2024 nanti.

Dalam demokrasi, setiap suara memiliki peranan penting dan keputusan akhir ada di tangan rakyat. Oleh karena itu, marilah kita semua mempelajari dengan seksama program-program yang ditawarkan oleh calon presiden dan memilih sesuai dengan keyakinan dan harapan kita untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *