Anggota BP MPR RI I G.N. Kesuma Kelakan Gelar Dengar Pendapat Masyarakat di Klungkung, Bahas Peran Pancasila dalam Menghadapi Tantangan Jaman

Anggota BP MPR RI I G.N. Kesuma Kelakan Gelar Dengar Pendapat Masyarakat di Klungkung, Bahas Peran Pancasila dalam Menghadapi Tantangan Jaman

Anggota BP MPR RI I G.N. Kesuma Kelakan, S.T, M.Si (pegang mikrofon) saat menjadi narasumber pada acara Dengar Pendapat Masyarakat yang mengambil tema ‘Fungsi dan Peran Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dalam Menghadapi Tantangan Zaman pada ada hari Senin (7/12/2020) di Desa Nyalian, kecamatan Banjarangkan, kabupaten Klungkung

REDAKSIBALI.COM – Pada hari Senin (7/12/2020) Anggota Badan Pengkajian Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (BP MPR RI) I G.N. Kesuma Kelakan, S.T, M.Si kembali menyapa masyarakat dalam bentuk acara Dengar Pendapat Masyarakat. Kali ini acara digelar di Desa Nyalian, kecamatan Banjarangkan, kabupaten Klungkung.

Acara Dengar Pendapat Masyarakat yang mengambil tema ‘Fungsi dan Peran Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dalam Menghadapi Tantangan Zaman’ ini dihadiri tokoh-tokoh pemuda, tokoh masyarakat desa Banjarangkan. Tampak hadir pula tokoh dari partai PDI Perjuangan kabupaten Klungkung, diantaranya Sang nyoman Putra Yasa yang saat ini menjadi anggota DPRD kabupaten Klungkung.

Pada kesempatan itu I G.N. Kesuma Kelakan yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan mengajak hadirin untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila, tidak menjadikan Pancasila sebagai simbol semata.

“Di zaman yang penuh dengan persaingan ini, makna dan nilai-nilai Pancasila harus tetap diamalkan dalam kehidupan kita, agar keberadaannya tidak hanya dijadikan sebagai simbol semata,” kata Kesuma Kelakan.

I G.N. Kesuma Kelakan yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Bali periode 2003-2008 juga mengingatkan Pentingnya Pancasila sebagai ideologi negara.

“Salah satu peran Pancasila sebagai ideologi negara yakni sebagai penuntun moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga ancaman-ancaman yang datang untuk negeri ini dapat dicegah dengan cepat,” sebut Kesuma Kelakan.

Disebutkannya pula bahwa Pancasila merupakan Ideologi yang terbuka bagi seluruh perkembangan zaman. Sehingga apa pun yang terjadi dalam perkembangan zaman harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku atas dasar Pancasila.

Suasana acara Dengar Pendapat Masyarakat yang mengambil tema ‘Fungsi dan Peran Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa dalam Menghadapi Tantangan Zaman pada ada hari Senin (7/12/2020) di Desa Nyalian, kecamatan Banjarangkan, kabupaten Klungkun

Dalam acara yang dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan dalam penganan covid-19 itu, Kesuma Kelakan juga menyampaikan bahwa Pancasila sebagai ideologi dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila berperan dan berfungsi sebagai dasar dan sekaligus tujuan dari berbagai bidang kehidupan masyarakat yang terus berkembang. Perkembangannya seirama dengan perkembangan aspek masyarakat dan perubahan zaman dari masa ke masa,” ucapnya.

Menanggapi keluhan peserta tentang maraknya sikap intoleran yang terjadi, Kesuma Kelakan berpesan agar hadirin terus merawat kebhinnekaan dan nilai-nilai Pancasila.

“Sebagai bangsa yang berbhineka tunggal ika, kita harus dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila agar berdirinya negara ini tetap terjaga selama-lamanya,” kata Kesuma Kelakan berpesan.(GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *