KKP Terima Hibah Tanah untuk Penguatan Sektor KP di Jambi

KKP Terima Hibah Tanah untuk Penguatan Sektor KP di Jambi

REDAKSIBALI.COM- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendapat hibah tanah dari pemerintah daerah di Provinsi Jambi. Di tanah hibah ini akan dibangun kantor unit pelaksana teknis (UPT) KKP untuk memperkuat pengawasan sumber daya perikanan serta menjamin kualitas produk perikanan di wilayah tersebut.

Hibah yang diterima meliputi 2.000 m2 lahan dari Pemkab Bungo untuk pembangunan kantor KIPM Bungo. Kemudian lahan seluas 896 meter persegi dari Pemkab Tanjung Jabung Barat untuk kantor Satuan PSDKP Tanjung Jabung Barat.

Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar mengapresiasi dukungan pemerintah daerah dalam rangka memperkuat tugas dan fungsi KKP di wilayah Jambi. Daerah berjuluk Bumi Melayu ini diakuinya memiliki potensi kelautan dan perikanan yang menjanjikan sehingga keberadaan UPT memang diperlukan.

“Saya berterima kasih dan mengapresiasi dukungan dari semua pihak atas dukungannya memperkuat sektor ini baik dari segi teknis maupun non teknis. Kiranya hibah yang diberikan oleh Pemda ini dapat difungsikan secara tepat guna ke depannya,” ucap Antam Novambar  sebagaimana dikutip dari siaran pers Biro Humas dan Kerja Sama Luar Negeri KKP hari ini

Antam pun meminta jajarannya untuk aktif menjalin komunikasi dan berkolaborasi dengan pemda dalam menjaga hingga mengelola sumber daya perikanan yang ada di wilayah Jambi. Ditegaskannya, potensi yang ada harus bisa meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala BKIPM KKP Rina juga menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah daerah atas dukungan yang diberikan kepada KKP. Dia berkomitmen, BKIPM akan selalu menjadi garda terdepan dalam melindungi Indonesia, termasuk Jambi dari hama maupun penyakit pada produk perikanan.

BKIPM juga, sambung Rina, mempermudah proses pengajuan sertifikasi kesehatan (health certificate) yang menjadi syarat ekspor produk perikanan. Langkah ini dalam rangka mendukung industri perikanan dalam negeri untuk terus tumbuh dan mendunia.

Di samping itu, baik Antam maupun Rina juga sama-sama memberikan apresiasi kepada pihak kepolisian serta otoritas bandara Jambi dan Sumatera Selatan karena mendukung KKP memerangi praktik penyelundupan benih bening lobster (BBL). Sepanjang tahun 2020 terdapat 23 kasus upaya penyelundupan yang berhasil digagalkan.

Dalam acara penyerahan hibah tanah tersebut, KKP melalui Antam Novambar turut menyerahkan penghargaan kepada 9 personel Polda Jambi dan Polda Sumatera Selatan yang berjasa dalam penegakan hukum di bidang kelautan dan perikanan khususnya terhadap tindak pidana penyelundupan benih bening lobster (BBL).

“Kami berharap koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah dapat terus berjalan secara harmonis, sehingga bermanfaat untuk pengembangan dan pengawasan sumber daya alam di Provinsi Jambi,” pungkas Antam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *