Kolaborasi Penelitian Dosen dan Mahasiswa Menjadi Kebutuhan di Era MBKM

Kolaborasi Penelitian Dosen dan Mahasiswa Menjadi Kebutuhan di Era MBKM

REDAKSIBALI.COM – Kolaborasi penelitian antara dosen dan mahasiswa menjadi sebuah kebutuhan di era pembelajaran yang mengedepankan konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Kolaborasi menjadi jalan bagi dosen untuk menularkan pengetahuan atau keahliannya dalam melakukan penelitian.

“Jadi proses pembelajaran dan penelitian itu memberikan peran aktif pada mahasiswa dan tidak pada dosen saja. Lebih pada diskusi dua arah, sehingga nantinya betul-betul menampilkan suatu pola baru yang saling mengisi satu sama lain. Jadi dalam hal ini dosen memberikan arahan yang harus didalami dan mahasiswa mencari sendiri” kata Direktur Pascasarjana Universitas Warmadewa (Unwar), Dr. Dra. A.A. Rai Sita Laksmi, M.Si di sela-sela peringatan HUT ke-9 Program Pascasarjana Universitas Warmadewa di Denpasar pada Senin (31/5).

Sita Laksmi menyampaikan khusus di Program Pascasarjana Unwar, penelitian yang merupakan hasil kolaborasi dosen dan mahasiswa didorong untuk dipublikasikan pada jurnal-jurnal ilmiah bereputasi. Apabila mampu publikasi pada jurnal internasional bereputasi maka akan diberikan insentif.

“Subsidi supaya semangat. Dengan memberikan subsidi kepada prodi dan mahasiswa , sehingga nantinya itu betul-betul menjadi sebuah budaya yang harus kita bangun bersama. Harapannya hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat dibaca oleh masyarakat luas” paparnya.

Menurut Sita Laksmi, proses pembelajaran kini juga sudah mengarah pada blanded learning (perpaduan antara tatap muka dan daring) dan ke depannya dapat ditingkatkan sehingga keseluruhannya menjadi e-learning. Tantangan berikutnya dalam konsep pembelajaran MBKM adalah mengimplementasikan kerja sama yang telah dilakukan.

“Kerja sama itu tidak sebatas diatas kertas, tapi lebih mengimplementasikan, sehingga kerja sama yang kita lakukan dengan instansi , baik swasta maupun pemerintah betul-betul memberikan manfaat pada masyarakat sekitarnya” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Panitia HUT ke 9 Program Pascasarjana Universitas Warmadewa Dr. Ida Bagus Udayana Putra, SE., MM. menyampaikan serangkaian HUT ke 9 Program Pascasarjana Unwar telah dilaksanakan beberapa kegiatan seperti Pameran dan Bazar UMKM pada 22-23 Mei 2021. Terdapat juga kegiatan kunjungan sosial kepada 2 keluarga penyandang disabilitas di kabupaten Klungkung dan seminar dengan tema “Strategi Mewujudkan sektor pertanian sebagai fondasi struktur pembangunan ekonomi di Bali”. Kerja sama Magister Sain Pertanian Program Pascasarjana UNWAR dengan HKTI Provinsi Bali serta Universitas Dwijendra.

“Terakhir tanggal 5 Juni 2021, menyelenggarakan seminar internasional dengan tema Ecotourism Development as an ALternative Tourism in New Era Of Pandemic Covid 19. Dengan keynote speaker Wakil Gubernur Bali” jelas Udayana Putra.(mul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *