Pengelola Informasi Utama Daerah Harus Profesional

Pengelola Informasi Utama Daerah Harus Profesional

REDAKSIBALI.COM – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) kabupaten/ kota se-Bali dapat memberikan pelayanan informasi yang maksimal kepada masyarakat, tanpa membeda-bedakan dari kabupaten mana masyarakat itu memohon informasi. Untuk itu memerlukan data yang terintergrasi dari seluruh kabupaten/kota dalam satu sistem yang sama yakni Sistem Keterbukaan Informasi (SIKI) Provinsi Bali.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kominfos yang diwakili  Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Ida Bagus Ketut Agung Ludra pada Bintek Penguatan PPID Utama Kabupaten/ Kota se-Provinsi Bali  hari Kamis  (29/4 /2021) n  di Gedung Sandat Dinas Kominfos .

Komisioner Komisi Informasi (KI) Bali I Wayan Darmasaat  saat menjadi narasumber  Bintek  menekankan pentingnya peran PPID dalam melaksanakan tugas, fungsi dan wewenangnya dalam memberikan pelayanan informasi publik  kepada masyarakat. Maka dari itu orang-orang yang duduk dalam PPID  harus orang-orang yang profesional dalam bidangnya yakni dalam bidang informasi dan komunikasi.

“PPID mesti memiliki  keterampilan berkomunikasi, memberi pelayanan informasi, keterampilan dokumentasi dan kearsipan, serta keterampilan dalam tata kelola informasi. Orang yang profesional di bidang itu selain menguasai IT, juga memiliki komitmen atau kecintaan pada tugas,  Memiliki kompetensi dan merasa memperoleh sesuatu dari tugas yang diembannya.,” ujar Dharma

Lebih lanjut Darma menyampaikan bahwa ke depan PPID seharusnya diisi oleh pejabat fungsional, ada Fungsional Penata Kelola Informasi, Fungsional Kearsipan atau Arsiparis, dan Fungsional Dokumentasi. Sehingga pejabat yang ditugaskan pada PPID merasa lebih mantap dan lebih bersemangat, karena peran mereka sangat penting dalam rangka mewujudnyatakan tata kelola pemerintahan yang  baik (Good Governance) yakni pemerintahan yang  transparan, partisipatif, dan akuntabel.

Sementara itu, narasumber Bintek lainnya, Putu Sudika lebih banyak mengulas  teknis pengintegrasian data kabupaten/kota dalam satu sistem SIKI.  Pada sesi akhir Bintek, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Ida Bagus Ketut Agung Ludra berharap agar PPID Kabupaten /Kota bisa  mulai menginput  data informasi dan mengintegrasikannya dalam satu sistem SIKI untuk seluruh Bali. Sehingga masyarakat dari satu kabupaten mencari informasi ke kabupaten lain cukup mengunduh dari satu pintu yakni melalui website SIKI.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *