Sio Bak Ayam ala Warung Dewiqu

Luh Risdewi memasak dan menyajikan makanan secara langsung untuk Pecinta Kuliner

REDAKSIBALI.COM  – Sio bak identik  dengan hidangan yang berbahan baku daging babi. Kulit babi yang renyah, dipadukan dengan rasa juicy dalam daging. Di Bali sio bak dikenal sebagai kuliner hasil akulturasi budaya Cina dengan Buleleng.

Dipopulerkan di Buleleng, kini sio bak sudah hadir di berbagai kabupaten di Bali, termasuk di Kota Denpasar. Karena berbahan baku daging babi tentu tidak semua bisa menikmati hidangan yang lezat ini, khususnya pecinta kuliner muslim.

“Agar semua bisa merasakan sio bak, bahannya saya ganti dengan ayam, jadilah sio bak ayam” ujar Dewi saat ditemui  redaksibali.com di warungnya yang terletak di seputaran Tanjung Bungkak, Denpasar.

Redaksibali.com berkesempatan mencicipi sio bak ayam ini. Meskipun bahan bakunya dari daging ayam, rasa sio bak ayam racikan perempuan yang bernama lengkap Luh Risdewi ini tidak kalah lezatnya dengan yang berbahan daging babi. Selain lezat, sio bak ayam Dewi juga terjangkau harganya, 15 ribu per porsi.

“Situasi pandemi corona ini memaksa saya untuk menyiasati keadaan. Dulu saya membantu suami yang membuka usaha bengkel mobil. Saya menangani  hal-hal  yang berkaitan dengan mobil-mobil travel.  Situasi pariwisata kini sepi, termasuk usaha travel. Perawatan mobil-mobil travel  ke bengkel kami juga sepi. Karena itu saya mencoba membuka peluang baru dengan membuka warung makan. Kebetulan saya juga suka memasak,” kata  Dewi memberi alasan membuka warung makan “Dewiqu’.

Dewi menjelaskan setiap orang perlu makan. Situasi ekonomi yang sulit tentu membuat orang banyak pertimbangan mengeluarkan uang mereka, termasuk dalam membeli makanan. Karenanya Dewi  membuka menu makanan dan minuman yang terjangkau oleh orang banyak. Selain itu  menu yang disajikan juga berkelas,  menyehatkan dan halal bagi semua orang.

Menu Warung Dewiqu

Selain menyediakan menu andalan sio bak ayam,  Warung Dewiqu juga menyajikan berbagai kuliner khas Buleleng lainnya seperti tipat blayag, sate ayam,  tipat plecing, tipat cantok, nasi goreng suna cekuh dan mie kuah sayur, serta tipat kuah gerang asem.

“Untuk camilan ada pisang goreng, olen-olen, serta  rujak Buleleng,” kata Dewi

Tidak lengkap rasanya kalau warung makan tidak menyediakan minuman.  ‘Es ngamuk menjadi  minuman spesial di warung Dewiqu. Selain itu tersedia juga es jeruk dan es teh dan kopi.

“Untuk menikmati menu di warung Dewiqu, Pecinta Kuliner bisa datang langsung ke warung ‘Dewiqu’ di Komplek Hayam Wuruk Kuliner nomor 215A, Tanjung Bungkak, Denpasar. Pecinta kuliner juga bisa memesan via online seperti gofood atau grab. Atau pemesan  bisa langsung menghubungi nomor telepon/WA  081237150545.” pungkas Dewi (GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *