Sosialisasikan 4 PILar MPR RI di Pemecutan Kelod, Kesuma Kelakan Ajak Warga Tanamkan Nasionalisme Sejak Dini

Sosialisasikan 4 PILar  MPR RI di Pemecutan Kelod, Kesuma Kelakan Ajak Warga Tanamkan Nasionalisme Sejak Dini

REDAKSIBALI.COM – Empat Pilar Kehidupan berbangsa dan bernegara adalah empat landasan yang mendasari pelaksanaan pembangunan bangsa Indonesia., baik pada masa sekarang maupun masa yang akan datang. Keempat landasan yang juga disebut sebagai Empat Konsensus Dasar Indonesia yakni  Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika.

Hal itu disampaikan anggota MPR RI, I GN. Kesuma Kelakan, ST,MSI  saat menjadi narasumber pada acara ‘Sosialisasi 4 Pilar MPR RI’ pada  hari Sabtu (29/5/201) di Desa Pemecutan Kelod, Denpasar.

Lebih lanjut anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini menyampaikan,  empat landasan tersebut berupa nilai-nilai dasar yang ada dalam sila-sila Pancasila yang tercantum dalam pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Empat hal fundamental itu pula yang mampu mempersatukan bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan dan dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kesuma Kelakan menekankan, upaya menumbuhkan kesadaran, pemahaman, dan implementasi dalam melaksanakan nilai-nilai ‘Empat Pilar Kehidupan berbangsa dan bernegara’ ini menjadi tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat.

“Apabila ideologi Pancasila tidak dibudayakan dan diamalkan, maka nilai-nilai luhur Pancasila hanya menjadi cita-cita normatif saja.  Tidak akan pernah menjelma menjadi kenyataan keseharian dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan demikian tugas bangsa Indonesia, termasuk generasi mudanya sekarang ini adalah memperjuangkan agar nilai-nilai luhur Pancasila benar-benar dapat dirasakan kehadirannya dalam realita kehidupan sehari-hari,” kata Kesuma Kelakan yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Bali periode 2003-2008.

Suasana dialog pada acara ’ Sosialisasi 4 Pilar MPR RI ‘pada hari Sabtu (29/5/201) di Desa Pemecutan Kelod, Denpasar yang menghadirkan anggota MPR RI, I GN. Kesuma Kelakan, ST,MSI sebagai narasumber

Kesuma Kelakan mengajak hadirin  untuk menjadi bangsa yang besar dengan  menanamkan sikap nasionalisme sejak dini, sejak kecil, atau sejak masa sekolah dasar.

“Sebagai pewaris perjuangan bangsa, maka manusia Indonesia, sejak dini mesti  dapat menghargai apa yang telah ditetapkan dan disepakati oleh founding fathers Negara Bangsa Indonesia. Yaitu Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai sesuatu yang harus dijunjung tinggi oleh semua elemen bangsa dengan cara memahami esensinya, lalu diimplentasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.” ajak  Kesuma Kelakan

Untuk menghindari penyebaran baru Covid-19, acara sosialisasi $ Pilar MPR RI  dilaksanakan dengan memenuhi protocol kesehatan dalam penanganan COvid-19. Peserta yang hadir diantaranya  pengurus  Ranting PDI Perjuangan  Desa Pemecutan Kelod, Kelian Banjar Batan Nyuh I Nyoman Sunarta, Kelian Adat  Batan Nyuh I Ketut Widia, serta tokoh pemuda dan tokoh adat di lingkungan Desa Pemecutan Kelod lainnya. (GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *