September 26, 2022

Redaksi Bali

Berita Online Terlengkap, Terbaru, dan Terupdate di Bali

Temui Pejabat Pemerintah Inggris, Menteri Johnny Kantongi Komitmen Pembiayaan Twin-HTS 650 Juta Poundsterling

REDAKSIBALI.COM – Lawatan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berlanjut ke London, Inggris. Dalam rangkaian kunjungan kerja dari tanggal 7 sampai dengan 9 Maret 2022, Menkominfo bertemu dengan beberapa pejabat kementerian Pemerintah Inggris. Menteri Johnny berhasil mendapatkan komitmen pembiayaan High-Throughput Satellite (HTS) sebesar GBP650 Juta. 

Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi menjelaskan, pertama Menkominfo bertemu dengan Menteri Ekspor dan Ekualitas Inggris Mike Freer, serta CEO UK Export Finance (UKEF) Louis Taylor. Dalam pertemuan itu, kedua pihak membahas dukungan Pemerintah Inggris dalam pembangunan twin atau dua satelit berteknologi HTS buatan Airbus dengan kapasitas dua kali 150 Gbps.

“Dukungan pembiayaan dari Pemerintah Inggris sekitar 650 juta poundsterling untuk pengembangan infrastruktur dan teknologi digital di Indonesia berupa satelit HTS Airbus UK,” kata Dedy Permadi saat memberikan keterangan mengenai Kunjungan Kerja Menkominfo ke Eropa, dari Media Center Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (11/03/2022).

Selanjutnya, Menkominfo juga melakukan pertemuan dengan Parliamentary Under Secretary of State dan Menteri Teknologi dan Ekonomi Digital Inggris Chris Philp. “Pertemuan itu  membicarakan kerjasama di bidang digital antara Inggris dan Indonesia,” jelas Jubir Kementerian Kominfo.

Adapun dalam rangkaian pertemuan ketiga, Menkominfo Johnny G. Plate bersama UK Managing Director Airbus Defence and Space Richard Franklin menbahas kesiapan Airbus dalam memproduksi Twin HTS berkapasitas dua kali 150 Gbps. 

“Yang rencananya akan dibiayai oleh UKEF sesuai dengan proposal Official Financing Offer dan Terms Sheet pembiayaan yang sebelumnya telah disampaikan UKEF pada saat rapat bersama Menteri Ekspor dan Ekualitas Inggris,” jelas Dedy Permadi.

Selama sembilan hari dari tanggal 28 Februari s.d 9 Maret 2022,  Menkominfo Johnny G. Plate melakukan lawatan ke tiga negara Eropa yaitu Spanyol, Prancis dan Inggris.  Menteri Johnny mewakili Pemerintah RI didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ismail; Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo Anang Latif, dan Direktur Infrastruktur BAKTI Kominfo, Bambang Noegroho. 

Jubir Kementerian Kominfo menyatakan dalam lawatan ke Eropa, dukungan dari berbagai pihak menjadi bekal kuat untuk mewujudkan Indonesia sebagai digital nation yang tangguh. 

“Komitmen dan kemauan bangsa Indonesia untuk terus berinovasi menjadi kunci. Mari kita terus jaga momentum ini, perkuat sinergi dan kolaborasi, demi mewujudkan Indonesia Terkoneksi: Makin Digital, Makin Maju!” ungkapnya.

Dalam Konferensi Pers, Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi didampingi Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Anang Latief, dan Kepala Divisi Satelit BAKTI Kementerian Kominfo, Aradea.