Tim Bola Tangan Tabanan Optimis Tatap Kejurprov

Tim Bola Tangan Tabanan Optimis Tatap Kejurprov

REDAKSIBALI.COM – Dengan telah dilantiknya pengurus Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Tabanan periode 2021-2025 yang diketuai Putu Wahyu Widiartana, Kabupaten Tabanan, tengah berproses dalam mengembangkan olahraga bola tangan  atau handball.

Sekretaris Umum ABTI Tabanan, I Made Agni Prabawa Suryadi mengungkapkan, Tabanan menjadi salah satu kabupaten/ kota di Bali yang baru mengembangkan olahraga bola tangan.

“Kami di Kabupaten Tabanan bisa di bilang memulainya dari titik nol, sangat banyak kendala yang kami temukan di lapangan untuk mengenalkan olahraga ini. Peminat tentu menjadi kendala utama dalam mengenalkan olahraga yang masih baru di masyarakat,” ungkapnya, pada  Selasa (23/11/2021) di GOR Debes, Tabanan.

“Namun seiring berjalannya waktu antusiasme dari peminat olahraga ini semakin meningkat. Hal itu dikarenakan oleh semangat gotong-royong pengurus ABTI Tabanan untuk bersama-sama membangun, mengenalkan dan mengembangkan olahraga ini ke masyarakat dan tentunya dukungan fasilitas yang diberikan oleh KONI Kabupaten Tabanan,” lanjut lulusan Fakultas Hukum Universitas Udayana tersebut.

Agni menjelaskan, upaya yang telah dilakukan dalam mengembangkan olahraga ini di antaranya mengajak masyarakat dan kelompok-kelompok untuk berminat berolahraga bola tangan, terutama melalui media sosial milik ABTI Tabanan,

“Hal tersebut terbukti efektif menarik minat masyarakat khususnya pemuda untuk lebih mengenal dan mulai bermain bola tangan bersama, sehingga sampailah saat ini kami dapat membentuk sebuah Tim untuk mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) ABTI Bali Tahun 2021,” jelasnya.

Pihaknya berharap, ke depannya, olahraga bola tangan dapat berkembang secara masif di Kabupaten Tabanan sehingga menarik masyarakat khususnya generasi muda untuk memainkan bola tangan serta mencetak atlet berprestasi.

Atlet Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Tabanan sedang berlatih guna menghadapi Kejurprov Bola Tangana di GOR Debes, Tabanan.

“Ketua Umum kami, Putu Wahyu Widiartana juga mempunyai target tahun 2022 akan berkoordinasi dan melakukan audiensi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tabanan agar olahraga bola tangan ini dapat dikembangkan melalui ekstrakurikuler di setiap sekolah. Dengan terlebih dahulu kami akan mengadakan pelatihan dan sosialisasi kepada rekan-rekan guru olahraga sekabupaten Tabanan Sehingga nantinya bisa sesuai dengan harapan kami, yaitu olahraga ini bisa semakin mengakar di seluruh kecamatan bahkan desa di kabupaten Tabanan,” sebutnya

Sementara itu, Ketua Harian ABTI Tabanan yang juga merupakan Guru Olahraga SMPN 1 Kediri, I Made Angga Putra Wibawa mengatakan, bola tangan Kabupaten Tabanan akan mengikuti Kerjuprov Bola Tangan yang akan diselenggarakan pada 25 November 2021. Ia mengaku, telah melakukan persiapan guna menyongsong pertandingan tersebut.

“Persiapan yang kami lakukan sudah dimulai jauh-jauh hari tepat setelah pengumuman Kejurprov akan diadakan, kami mempersiapkan atlet dengan seleksi yang panjang dan ketat, sebelum Kejurprov ini.  Kami juga mengadakan pematangan dari segi pelatih dan perwasitan dengan mendatangkan pelatih dan wasit yang sudah berskala nasional dengan harapan SDM pelatih dan wasit kita juga siap sepenuhnya mengemban tugas dan tanggung jawab secara profesional untuk membina kontingen handball Kabupaten Tabanan.’ ujarnya

Ia mengungkapkan, kabupaten Tabanan berharap bisa melakukan pembinaan dan seleksi dengan standar yang baik sehingga memperoleh atlet yang benar-benar berkompeten dalam cabang bola tangan sehingga benar-benar siap secara fisik, mental dan psikologis untuk menghadapi Kejurprov bola tangan yang pertama ini.

“Jika ditanya target kami dari kabupaten Tabanan di Kejurprov bola tangan yang pertama ini kami berfokus pada diri sendiri untuk memaksimalkan apa yang telah kami latih dan bina, sehingga kami harap atlet-atlet pilihan ini bisa bermain lepas dan memberikan permainan terbaiknya, sehingga bisa meraih hasil yang semaksimal mungkin terlebih bisa meraih medali untuk Kabupaten Tabanan,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *