UNESCO: Membangun Kembali Dunia yang Lebih Baik melalui Pengetahuan Laut

UNESCO: Membangun Kembali Dunia yang  Lebih Baik melalui Pengetahuan Laut

REDAKSIBALI.COM – Para pemimpin global, ilmuwan, filantropis, kepala badan PBB, dan tokoh olahraga yang terlibat dalam aksi laut hari Rabu ini  (3 /2)  pukul16.15 hingga 5.45 sore, Waktu Eropa Tengah),  melakukan pertemuan yang bertema ‘A Brave New Ocean’. Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan tantangan dan peluang besar yang diberikan laut untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan global.

‘A Brave New Ocean’ adalah acara virtual tingkat tinggi yang diselenggarakan oleh Intergovernmental Oceanographic Commission of UNESCO, yang akan menyoroti tantangan dan peluang besar yang diberikan oleh laut.

Dalam rilis berita yang dikeluarkan oleh UNESCO hari Jumat ( 29/1/2021)  lalu, Pertemuan yang dilakukan secara online akan  dibuka oleh Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay, Pangeran Albert II dari Monako, Presiden Kenya Uhuru Kenyatta, dan Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg. Semuanya akan menekankan potensi laut sebagai mata air. Solusi untuk membangun kembali lebih baik di dunia pasca-COVID-19. Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa akan menutup acara tersebut dengan pidato penutup.

Paruh kedua acara ini akan membahas bagaimana menyatukan para pelaku lautan dari segala usia dan benua untuk mencapai lautan yang kita inginkan. Anggota pendiri Ocean Decade Alliance – jaringan mitra terkemuka Ocean Decade – juga akan menegaskan komitmen mereka terhadap lautan selama dekade mendatang.

UNESCO menyatakan ‘A Brave New Ocean‘ adalah acara besar pertama Dekade Laut yang dimulai pada 1 Januari 2021. Dekade Laut adalah inisiatif global untuk memperdalam pengetahuan ilmiah kita tentang laut dan melindungi kesehatan Laut. Tujuannya adalah untuk mendukung penciptaan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melindungi keanekaragaman hayati dan peran sentral laut dalam transisi menuju penggunaan sumber daya yang berkelanjutan dan adil saat kami menangani realitas perubahan iklim.

Melalui kerja sama internasional yang lebih kuat, Ocean Decade akan mendukung penelitian ilmiah dan teknologi inovatif untuk memastikan ilmu pengetahuan menjawab kebutuhan masyarakat, yang bertujuan untuk memberikan perbaikan substansial pada tahun 2030 yakni:  Laut yang bersih di mana sumber polusi diidentifikasi dan dihilangkan, Laut yang sehat dan tangguh di mana ekosistem laut dipetakan dan dilindungi,. Lautan yang dapat diprediksi di mana masyarakat memiliki kapasitas untuk memahami kondisi laut saat ini dan masa depan, Laut yang aman di mana orang terlindungi dari bahaya laut, Lautan yang dipanen secara berkelanjutan memastikan penyediaan pasokan makanan, Laut yang dapat diakses dengan akses terbuka ke data, informasi dan teknologi, Laut yang menginspirasi dan menarik yang dipahami dan dihargai oleh masyarakat.

Bagaimana Mengikuti Acara Ini?

‘Brave New Ocean akan disiarkan hari ini  3 February pukul16.15 hingga 5.45 sore, Waktu Eropa Tengah atau  Pukul  23.15 WITA melalui

Youtube
Facebook (English only)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *