September 27, 2022

Redaksi Bali

Berita Online Terlengkap, Terbaru, dan Terupdate di Bali

Unwar Dampingi Desa Besan Menuju Desa Tangguh Bencana

REDAKSIBALI..COM – Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PHP2D) (adalah salah satu program unggulan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sasaran programnya yakni membantu masyarakat desa dengan pendampingan. Programnya meliputi pariwisata, ketahanan pangan dan tangguh bencana. Universitas Warmadewa (Unwar) pada tahun 2021 ini memenangkan hibah dua proposal, 1 di Tabanan, tentang ketahanan pangan dan di desa Besan, kecamatan Dawan, Klungkung tentang tangguh bencana.

Hal itu diungkapkan Dr. Drs. Toto Nurasto, M.Erg dosen pendamping Tim PHP2D Korp Suka Rela (KSR ) Unit PMI Unwar usai melaksanakan sosialisasi dan koordinasi program pembinaan dan pendampingan masyarakat Desa Besan menuju desa tangguh bencana pada hari Sabtu (2/10/2021)

Menurut Toto Nurasto Tim PHP2D KSR Unit PMI Unwar menetapkan desa Besan sebagai sasaran program setelah sebelumnya melaksanakan survei dan meminta masukan dari BPBD kabupaten Klungkung. Selain itu berdasarkan letak geografis desa Besan memang termasuk desa rawan bencana, hampir tiap tahun selalu ada banjir dan longsor.

Dalam acara sosialisasi yang dihadiri oleh kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Dusun di lingkungan Desa Besan,, Linmas, dan unsur pemuda dan PKK Desa Besan tersebut, Toto Nurasto menyampaikan Tim PHP2D KSR Unit PMI Unwar dalam pelaksanaan program ini akan memberikan pendidikan tentang kebencanaan kepada masyarakat, membuatkan titik kumpul, dan memberikan bantuan sirine sebagai alat peringatan dini*