Portal Info Berita Bali Terlengkap, Terbaru, dan Terupdate – Media Online

Perdagangan Karbon Melalui Bursa Karbon Resmi Diluncurkan: Meningkatkan Kesadaran dan Keberlanjutan Lingkungan Hidup

Bursa Karbon

Bursa Karbon

Perdagangan Karbon Melalui Bursa Karbon Resmi Diluncurkan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akhirnya memberikan izin usaha kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai penyelenggara bursa karbon. Izin usaha tersebut tertuang dalam KEP-77/D.04/2023 tanggal 18 September 2023. “Pemberian izin usaha tersebut berlaku sejak tanggal ditetapkannya Keputusan Anggota Dewan Komisioner dimaksud,” kata Kepala Departemen Perizinan Pasar Modal OJK, Luthfy Zain Fuady dalam keterangan resminya, Senin (18/9/2023).

Luthfy menjelaskan bahwa pemberian izin usaha kepada PT Bursa Efek Indonesia sebagai Penyelenggara Bursa Karbon didasarkan pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perdagangan Karbon Melalui Bursa Karbon dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK) Nomor 12/SEOJK.04/2023 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Perdagangan Karbon Melalui Bursa Karbon.

Perdagangan karbon melalui bursa karbon bakal diluncurkan pekan depan, tepatnya pada 26 September 2023 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar. “Rencananya peluncuran bursa karbon yang perdana perdagangannya itu akan dilakukan tanggal 26 September ini. Jadi minggu depan,” kata Mahendra.

baca juga : 

Mahendra menyampaikan, dengan diresmikannya perdagangan karbon , seluruh proses yang mendukung keberhasilan dan kesuksesan perdagangan karbon mulai dari hulu, penyiapan kegiatan, unit karbon, segala bentuk registrasi, verifikasi, sertifikasi dan pembuktian keabsahannya dapat dijaga dan dilaksanakan dengan baik. “Kemudian hasilnya bisa kembali dire-investasikan kepada upaya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup kita, terutama dalam mengurangi emisi karbon,” ujar Mahendra.

Seiring dengan diresmikannya perdagangan karbon, Mahendra menekankan kepada semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan kapasitas mengenai perdagangan karbon melalui bursa karbon. Di samping itu, OJK juga kian masif melakukan sosialisasi dan edukasi, utamanya di daerah-daerah yang dapat menjadi sumber pengurangan emisi karbon.

 

video terkait :

Umah IT
adaru bhumi
Siplah Umah IT