Peluang UsahaPendidikanSerba Serbi

Mengonsumi Makanan Sehat Mampu Cegah Covid-19

REDAKSIBALI.COM – Pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melindungi tubuh agar tidak tertular virus bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Ahli Gizi UGM, Dr. Toto Sudargo., SKM., M.Kes., mengatakan makanan yang sehat sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. “Nilai gizi yang tinggi pada makanan yang kita konsumsi dapat melindungi tubuh dari serangan virus maupun alergi,” kata Toto dalam wawancara dengan www.ugm.ac.id

Disebutkan, Ketua Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM ini menambahkan kondisi stamina seseorang sangat dipengaruhi faktor makanan yang ia konsumsi. Saat stamina tubuh seseorang tidak baik maka sistem kekebalan tubuhnya menurun sehingga lebih mudah terserang penyakit.

Soal makanan, menurutnya, tubuh membutuhkan setidaknya 2.150 kalori setiap hari. Apabila makan tiga kali sehari maka diperlukan minimal 700 kalori untuk setiap kali makan. Olah karena itu, ia menganjurkan seseorang makan tepat waktu. Terutama untuk makan pagi jangan sampai terlambat.

Setiap makanan yang kita konsumsi akan memberikan pasokan nutrisi bagi tubuh terutama kebutuhan protein dan vitamin yang mampu melindungi tubuh dalam melawan penyakit.

Ia juga menganjurkan masyarakat untuk mengkonsumi ikan, bahkan jenis ikan apa saja boleh dikonsumsi karena banyak mengandung sumber protein. Ia mencontohkan ikan kembung yang dijual sangat murah menurutnya kaya akan protein apalagi dalam ukuran kecil akan menambah jumlah kalsium karena akan dikonsumsi tulang dan dagingnya.
Dikatakannya pula Per 100 gram ikan memiliki 32 gram protein. Semakin kecil ikan semakin bagus karena kita akan menyantap semuanya sehingga kandungan kalsiumnya semakin tinggi. Hampir semua ikan memiliki tingkat protein yang tinggi.

Protein menurutnya menyumbang sekitar 75 persen untuk sistem kekebalan tubuh dan fungsinya mengganti sel yang rusak, membentuk hormon dan menolak virus yang masuk. Namun demikian, tidak hanya pada ikan, sumber protein juga ada sayuran dan buah buahan.“Sumber protein ada di hewani dan nabati,” katanya.

Menurutnya, mengonsumsi tempe dan tahu serta ditambah sayuran juga sangat bagus bagi kesehatan tubuh karena kedua makanan tersebut mengandung pro vitamin A yang sangat mendukung sistem imun. .

Vitamin A dan vitamin C menurutnya sangat baik untuk kulit, lambung, usus sehingga virus tidak bisa tembus. Sumber vitamin ini pada sayuran ada pada wortel, brokoli, dan paprika. Sementara pada buah ada pada pepaya, pisang, jeruk dan jambu biji. Adapun buah lokal yang banyak mengandung vitamin C adalah buah kersen atau lebih dikenal dengan buah talok.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, kegiatan bekerja dan beribadah di rumah yang dianjurkan pemerintah di tengah wabah covid-19, menurut Toto, harus disiasati dengan banyak melakukan aktifitas fisik untuk menjaga kebugaran. Ia menganjurkan agar setiap orang memiliki perencanaan terhadap kegiatan yang akan dilakukannya selama berada di rumah agar tidak banyak berdiam diri. ”Lakukan pekerjaan yang sekiranya menyenangkan dari mengepel, menyapu atau sebagainya hal itu bisa membakar kalori,” katanya.(***)

Berita selengkapnya di:
https://www.ugm.ac.id/id/berita/19192-ahli-gizi-ugm-mengonsumi-makanan-sehat-mampu-cegah-covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *