BeritaNasional

Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, Kesuma Kelakan Sosialisasikan 4 Pilar di Desa Serai

REDAKSIBALI.COM – Dinamika dalam mengaktualisasikan 4 Pilar Kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan benegara merupakan suatu keharusan. Hal ini,  agar 4 Pilar Kebangsaan tetap selalu relevan dalam fungsinya memberikan pedoman bagi pengambilan kebijaksanaan dan pemecahan masalah pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan, perlu dimaknai melalui nilai-nilai yang terkandung dalam empat konsensusn negara yang dikenal dengan sebutan Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 45 demi menjaga keberagaman yang ada di Indonesia

Hal itu disampaikan Anggota MPR RI, I Gusti Ngurah Kesuma Kelakan, S.T,M.Si saat menjadi narasumber pada acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang diadakan pada Rabu (19/4/2023) di Desa Serai, Kecamatan Kintamani, Bangli .

Pada kesempatan itu, Kesuma Kelakan yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan menyatakan penghormatan  atas  kebhinnekaan  dengan kesadaran merawatnya  merupakan energi hidup bagi sebuah bangsa. Dengan penghormatan  atas keragaman  sosial,  bangsa  Indonesia  akan memiliki  perekat  sosial  yang  membuat  setiap warga  bangsa  yang  ada  di  dalamnya  masih memiliki  kehendak  untuk  menjadi satu  sebagai bagian  dari  ke-Indonesiaan.  Dalam  hal  ini komitmen  seluruh warga  bangsa  dan kehadiran negara sangat diperlukan.

Kesuma Kelakan  mengajak  hadririn  peserta sosialisasi untuk menghargai apa yang telah ditetapkan dan disepakati oleh founding fathers Negara bangsa Indonesia. Yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai sesuatu yang harus dijunjung tinggi oleh semua elemen bangsa. Dengan cara memahami esensinya lalu diimplentasikan secara konkrit dalam kehidupan empirik supaya kompatibilitas dan kebernasannya dapat dirasakan

Wakil Gubernur Bali perio 2003-2008 ini menyarankan Empat Pilar Kebangsaan harus terus di sosialisasikan dan di implementasikan oleh semua elemen dan komponen bangsa Indonesia, agar Empat Pilar Kebangsaan tidak menjadi teoritis belaka mengingat bangsa Indonesia memiliki masyarakat yang beragam dari sabang sampai Merauke.

Tampak hadir pada acara sosialisasi diantaranya Anggota DPRD Fraksi  PDI Perjuangan Bangli I Wayan Wirya, Kepala Desa Serai, Tokoh adat dan tokoh agama setempat.(GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *