Politik

PDI Perjuangan Siap Bersinergi Mendukung Anies-Muhaimin di Putaran Kedua Pemilihan Presiden 2024

RedaksiBali.com – Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion, Dedi Kurnia Syah, menyoroti kesiapan PDI Perjuangan untuk bersinergi mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pada putaran kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, jika satu dari kedua kubu peserta pemilihan kalah di putaran pertama.

Dalam pandangannya, Dedi melihat adanya sinyal positif terkait kesiapan PDI-P untuk bergabung dengan koalisi pendukung Anies-Muhaimin. Hal ini terlihat dari respon hangat yang diberikan oleh PDI-P dan calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, terhadap ucapan selamat ulang tahun ke-51 dari Anies dan Muhaimin.

Menurut Dedi, sambutan hangat PDI Perjuangan menandakan kesiapan partai tersebut untuk bergabung jika ada kegagalan di putaran pertama. PDI-P lebih cenderung untuk mendukung Anies-Muhaimin ketimbang Prabowo-Gibran jika pasangan Ganjar-Mahfud tidak berhasil melaju ke putaran kedua.

Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan PDI-P adalah sulitnya Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri, memaafkan Jokowi dan Prabowo atas manuver mereka pada menit-menit terakhir pendaftaran pilpres dengan menjadikan Gibran Rakabuming sebagai calon wakil presiden.

Dedi juga menekankan bahwa di kubu Prabowo-Gibran terdapat Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang merupakan musuh lama Megawati. Kondisi ini membuat sulit bagi Megawati untuk meredam kemarahan pribadinya terhadap SBY, Prabowo, dan Jokowi, sehingga akan sulit bagi PDI-P untuk mendukung Prabowo-Gibran.

Dalam konteks ini, Dedi juga mengamati bahwa Anies-Muhaimin sedang aktif merayu PDI-P agar bersedia bergabung dan mendukung mereka di putaran kedua nanti. Jika hal ini terjadi, Anies-Muhaimin memiliki peluang untuk membalikkan situasi, dan Prabowo berisiko gagal kembali.

baca juga…

Sebanyak 17 Surat ” Amicus Curiae ” Yang Masuk ke MK

Megawati Kirim Amicus Curiae ke MK: Mendukung Keadilan dalam Penyelesaian PHPU Pilpres 2024

Bila MK Diskualifikasi Gibran, KPU Siap Gelar Pilpres 2024 Ulang

Pengamat: Kritik dan Serangan Hasto Kristianto kepada Jokowi Merugikan PDIP

Penting untuk dicatat bahwa keakraban antara PDI-P dan Anies-Muhaimin terlihat melalui ucapan selamat ulang tahun ke-51 bagi PDI-P yang disampaikan oleh pasangan calon tersebut pada Rabu (10/1/2024). Ucapan tersebut diterima dengan hangat oleh Ganjar, yang menyebutnya sebagai tanda persahabatan.

Sekretaris Jenderal PDI-P, Hasto Kristiyanto, juga menyambut positif ucapan tersebut. Ia menyatakan semangat bersama untuk memastikan pemilu memberikan keputusan yang terbaik bagi rakyat.

Dalam perspektif ini, PDI-P menunjukkan kesiapannya untuk bersinergi dengan Anies-Muhaimin jika terjadi kegagalan di putaran pertama Pilpres 2024. Partai ini melihat adanya peluang untuk memperkuat koalisi dan memastikan keputusan terbaik bagi rakyat.

Pemilihan Presiden 2024 akan menjadi momen penting bagi demokrasi Indonesia. Keputusan yang diambil oleh partai-partai politik akan berdampak signifikan terhadap masa depan negara ini. Semoga semua pihak dapat menjaga semangat persahabatan dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dalam menyongsong masa depan yang lebih baik.

video here....

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *