Portal Info Berita Bali Terlengkap, Terbaru, dan Terupdate – Media Online

Unwar Gelar Piodalan Saraswati

REDAKSIBALI.COM – Universitas Warmadewa melalui Fakultas Pertanian Unwar menggelar Piodalan di Pura Swagina Sri Ksari Warmadewa dan Hari Raya Saraswati tepat pada rahina Saniscara Umanis Watugunung (22/10/22). Hari Raya Saraswati dipercayai sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan ke bumi.

Dekan FP Unwar yang juga sebagai Ketua Panitia Piodalan Ir. Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb., mengatakan piodalan kali ini merupakan piodalan yang pertama kali dilakukan dengan mengundang civitas akademika Unwar. Sebelumnya piodalan tidak mengundang civitas akademika Unwar karena masih dalam masa pandemi. Ia berharap kita semua bisa mendapatkan berkah, kesejahteraan, serta peningkatan karakter bagi insan akademik di Unwar.

Selaku panitia telah melakukan serangkaian agenda mulai dari ngatur ayah di pura, mendak tirta diiringi dengan tabuh rah yang dilakukan secara sederhana, dan hari ini adalah puncak acaranya. Ia juga berharap melalui upacara ini kita semua bisa meningkatkan pemahaman tentang ilmu pengetahuan dan teknologi lebih tercerahkan.

Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., berharap kedepan kita tetap bisa melaksanakan kegiatan ini dan benar-benar menyadari bahwa kita harus tetap meningkatkan kualitas keilmuan sehingga kita bisa tetap memanfaatkan kesempatan-kesempatan yang ada dan menghadapi tantangan kedepan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Unwar.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengajak untuk memaknai Hari Raya Saraswati ini sebagai suatu momentum turunnya ilmu pengetahuan dan bagaimana kita bisa memaknai dunia dari awidya menjadi widya dari kegelapan menjadi penerangan. Kampus khususnya Unwar juga SMK Warmadewa, Paud Warmadewa, dan Warmadewa Collage adalah bagian dari cara untuk mewadahi dalam hal kualitas SDM. Ia berharap melalui pengabdian yang dilakukan, mengagungkan Dewi Saraswati sebagai simbol ilmu pengetahuan dan bisa memberikan suatu yadnya pencerdasan kepada seluruh generasi.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan piala bergilir festival budaya saraswati 2022 oleh rektor Universitas Warmadewa yang disaksikan langsung bersama Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali. Sebagai Juara Umum Festival Budaya Saraswati Unwar 2022 yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis.(*)

%d blogger menyukai ini: